Kamis, 19 Januari 2017

Membuat Array Pada Visual Basic

Halo sobat Learn IT! Wah sudah beberapa minggu ini saya tidak aktif lagi nih di blog ini Tapi, kali ini saya akan memberikan ilmu yang tentunya bermanfaat buat pemirsa blog ini yaitu mengenai cara membuat array pada visual basic. Oke tidak usah lama-lama, mari kita simak bersama-sama.

Sebelum kalian masuk kedalam membuat array, apa itu yang dimaksud dengan array?
Array merupakan variabel yang menampung data yang disusun dengan indeks. Jadi, misalkan ada sebuah variabel array bernama Buah dengan isi array-nya Mangga, Pisang, Jeruk, isi array tersebut diatur berdasarkan indeks seperti dibawah ini:

0 => Mangga, 1 => Pisang, dan 2 => Jeruk

Itulah gambaran singkat mengenai array. Sekarang saya akan membuat contoh penggunaan array dalam pemilihan presiden. Saya menggunakan Visual Studio 2015 Professional, jika kalian belum memilikinya, kalian bisa mendownload di link pada akhir postingan ini. Perhatikan dengan baik dalam mengikuti tutorial ini.

1.  Mempersiapkan Form
     Buka Visual Studio 2015 > klik tab "File" > "New" > "Project" > Pilih "Visual Basic", lalu klik "Windows Forms Application" > klik "OK". Contoh lengkap bisa dilihat dibawah ini.



2.  Membuat Desain Form
    Buat desain form seperti pada gambar dibawah ini. Toolbox yang digunakan yaitu Label, Button, TextBox, dan GroupBox.


3.  Membuat Coding Array.
     Buatlah coding untuk menampilkan presiden yang dipilih menggunakan array seperti dibawah ini.

Catatan : Untuk mencegah terjadinya error ketika angka diinput selain 1,2,3, dan 4 atau tidak ada inputan, saya menggunakan exception handling yaitu Try...Catch...End Try. Rumus penggunaan array adalah n-1, dimana n merupakan variabel untuk menampung data, perhatikan pada baris textbox2.text = presiden(pilihan - 1).

4.  Form and Coding Test
     Berikut ini adalah hasil dari test coding pada form pemilihan presiden menggunakan array. Dan juga ditampilkan pesan error ketika tidak ada inputan atau angka yang diinput tidak terdapat dalam array.






Note:
Saya sengaja meletakkan variabel array presiden diluar sub untuk memudahkan dan mempercepat proses coding dan tidak perlu dideklarasikan ulang lagi, selain itu isi array bisa kalian ubah dengan catatan rumus untuk menampilkan array ke textbox yaitu nama_array(n - 1). Untuk link Visual Studio saya sediakan versi 2013 dan 2015, fitur dan penggunaannya tidak terpaut jauh, jadi sesuaikan dengan selera anda. Segera lapor jika terdapat link download yang error.

Download Link:






Ok, cukup sekian dari saya. Semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar