Senin, 18 April 2016

Cara Menambahkan Add-Ons Screencast Keys Pada Blender

Hello guys, ketemu lagi di Learn IT. Sudah lama saya gak posting artikel lagi nih, karena keterbatasan kuota internet, hehehe. Oke, kali ini saya akan membahas tentang cara menambahkan add-ons screencast keys pada Blender.

Semua sudah pasti kenal kan yang namanya blender? Yaps, Blender merupakan software engine yang dikembangkan oleh Blender Foundation yang bersifat GNU License dalam artian bahwa software ini gratis, dan boleh dipakai oleh siapa saja, baik itu perorangan maupun perusahaan. Nah, blender menawarkan sejumlah fitur seperti animasi, rigging, dsb. sehingga menghasilkan suatu karya yang mengesankan.

Bagi anda yang hobi membuat video tutorial blender, pasti anda menggunakan yang namanya "Screencast Keys"? Betul, Screencast keys ini berfungsi agar menampilkan tombol keyboard atau mouse yang baru saja ditekan oleh si user (pengguna). Namun, seiring perkembangan software blender, add-ons ini lambat laun menghilang dari software blender, sehingga menyulitkan pengguna yang ingin membagikan videon tutorialnya yang terkait dengan blender.

Jangan sedih dulu bro, sis. Saya akan memberikan tipsnya agar kalian bisa menggunakan add-ons screencast keys pada blender yang anda punya masing-masing.

Caranya:

  • Buka link script screenkeys disini
  • Jika sudah, kalian copy semua script yang ada dihalaman tersebut ke notepad kalian.
  • Kemudian, save notepadnya sebagai space_view3d_screencast_keys.py seperti pada gambar dibawah ini
  • Setelah itu, copy script tersebut ke direktori blender kalian (misalnya C:\Program Files\Blender Foundation\Blender\2.xx\addons\scripts).
  • Kemudian buka Blender kalian, lalu klik File > User Preferences > Add-Ons, lalu cari Screencast keys. Jika sudah, beri centang pada add-ons tersebut untuk mengaktifkan screencast keys.
  • Done, kalian bisa menggunakan Screencast Keys dengan cara:
    • Dalam 3D View, tekan Shift + Alt + C, atau tekan "Start Display" Dibawah Screencast Keys di N panel.
    • Tombol yang kalian tekan akan muncul di pojok kiri bawah dari tampilan view di Blender.

Di artikel berikutnya saya akan membuat artikel dan link Blender 2.77a x86 x64 + Screencast Keys


Oke, sekian dari saya, mohon maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini. Terima Kasih :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar