Senin, 22 Februari 2016

Jaringan Komputer


Jaringan Komputer adalah jaringan telekomunikasi yang menghubungkan antar komputer dan memungkinkan untuk saling bertukar data. Setiap bagian dari jaringan komputer tersebut dapat meminta dan memberikan layanan (service), pihak yang meminta/menerima layanan disebut sebagai klien (client), sedangkan pihak yang memberikan/mengirim layanan disebut sebagai peladen (server), kemudian desain ini disebut sebagai dengan sistem client-server, dan dapat digunakan pada hampir seluruh aplikasi dalam jaringan komputer.

Masing-masing komputer memiliki kartu jaringan (NIC) yang dihubungkan dengan nirkabel atau kabel sebagai media transmisi data, dan kemudian terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer sederhana dengan menggunakan alat bantu berupa hub, switch, maupun router untuk memperluas jangkauannya dan sebagai media peralatan interkoneksi.

Jenis jaringan komputer yang masih digunakan saat ini terbagi menjadi 3, yaitu:

  1. LAN (Local Area Network), merupakan sebuah jaringan komputer yang areanya hanya mencakup wilayah yang kecil seperti rumah pribadi, kantor, sekolah, atau warnet yang jaraknya tidak lebih dari 10 kilometer.
  2. MAN (Metropolitan Area Network), merupakan sebuah jaringan komputer yang berupa perluasan dari jaringan LAN yang menghubungkan antar gedung yang berjarak hingga 50 kilometer.
  3. WAN (Wide Area Network), Merupakan sebuah jaringan yang mencakup area antar negara, bahkan hingga antar benua sekalipun, biasanya jaringan ini menghubungkan antar bank, baik itu di Indonesia maupun di luar negeri.
Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar dalam menyusun sebuah jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 6 kategori utama seperti di bawah ini.
  • Topologi star
  • Topologi ring
  • Topologi bus
  • Topologi jala
  • Topologi tree
  • Topologi linier
Setiap jenis topologi jaringan di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan penggunannya. Topologi-topologi ini sering kita temui di kehidupan sehari-hari, namun kita tidak menyadarinya sama sekali. Topologi pertama yang digunakan adalah topologi bus.
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar