Selasa, 11 Agustus 2015

Tes Tentang Komunikasi Daring Asinkron, E-mail Dan Forum

TES FORMATIF 2
1. Apakah yang dimaksud dengan komunikasi daring asinkron?

Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung atau tidak serempak seperti e-mail, blog, jejaring sosial, dll.

2. Apakah yang dimaksud dengan CC, BCC, subject, dan spam?

CC adalah carbon copy, yaitu siapapun yang termasuk dalam kolom cc, maka si penerima akan menerima salinan pesan jika si pengirim  mengirim pesan dan penerima lain yang menerima pesan dapat melihat nama orang yang pengirim jadikan sebagai penerima.

BCC hampir sama dengan CC, yaitu Blank Carbon Copy, namun perbedaannya adalah, jika orang yang terdaftar dalam BCC, dia hanya bisa menerima pesan, tidak dapat melihat nama orang yang pengirim jadikan sebagai penerima.

Subject adalah tema/judul/inti dari suatu pesan.
 

Spam adalah pesan email masuk yang dianggap tidak penting.

3. Tuliskanlah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengiriman e-mail.

a. Harus menggunakan bahasa sesuai dengan kaidah

b. Tidak menggunakan huruf kapital atau huruf besar

c. tidak menggunakan font yang dapat membuat mata menjadi lelah

d. Subjek harus diisi dan sesuai dengan isi pesan

4. Bandingkan tujuan penggunaan, serta kelebihan dan kekurangan e-mail dan forum.

Tujuan penggunaan

1. E-mail Sebagai alat komunikasi juga jalur maya distribusi pesan kepada alamat yang dituju baik kepada pribadi ataupun korporasi. Feedbacknya dengan alamat tujuan si pengirim dan penerima surat elektronik tersebut.

2. Forum sebagai alat komunikasi dengan berbagai informasi atau materi yang ada yang ditujukan kepada pendaftar/pengguna forum tersebut atau bisa juga kepada khalayak ramai, diharapkan feedbacknya (timbal balik) baik dalam pesan, maupun ketetarikan dalam penggunaan barang/jasa.

Kelebihan

1. Alat untuk mencari uang

2. E-mail dan forum seebagai jalur maya distirbusi (jika dipandang dari sudut ekonomi)

3. Memudahkan kita dalam menginginkan/menyebarkan informasi beserta feedbacknya


4. Alat untuk pemasaran produk/barang

Kelemahan

1. Banyak berita hoax (berita palsu)

2. Sulit untuk dioperasikan

3. Banyak akun palsu yang tersebar dimana-mana, jadi kita harus jeli dengan akun-akun tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar