Senin, 25 Juli 2016

Basis Data


Halo para pembaca blog Learn IT, kali ini saya akan menyampaikan tentang basis data. Nah, bagi yang sudah berpengalaman dengan yang namanya database pasti sudah tahu apa itu basis data. Seperti apa itu basis data? Tujuannya? Jenis Penggunanya? Mari kita simak berikut ini.

Basis Data berasal dari kata Basis yang berarti pangkalan angkatan laut, dsb. Sedangkan Data berarti Informasi yang telah diolah. Jadi, Basis data atau Pangkalan data (Bahasa Inggrisnya Database) adalah kumpulan dari informasi yang tersimpan di dalam komputer secara sistematis sehingga data tersebut dapat di periksa dengan menggunakan suatu program di komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat Lunak yang digunakan untuk memanggil serta mengelola kueri yang ada pada dalam basis data di sebut dengan Manajemen Pengelola Basis Data atau dalam bahasa inggri Database Management System (DBMS). Basis Data dipelajar dalam ilmu informasi.

Dalam perkembangannya, basis data berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan mengatur informasi dalam bentuk kueri (Bahasa Inggrisnya query) dengan bantuan software pengelola basis data, seperti MySQL, MS SQL Server, Oracle SQL, dan masih banyak software lainnya. Istilah Basis data berawal dari ilmu komputer, yang berkaitan dengan elektronika seperti harddisk, flashdisk, SSD, dan lain-lain yag disebut sebagai Basis Data Elektronika. Basis Data sudah ada sebelum revolusi industri yang berbentuk seperti buku besar, kwitansi, dan buku yang berkaitan dengan bisnis.

Basis Data di kelola oleh 4 pengguna yang memiliki hak akses yang berbeda, yaitu sebagai berikut:


  1. Database Administrator, yaitu pengguna yang memiliki seluruh hak akses untuk mengelola data, menentukan pola struktur basis data, memodifikasi, membagi tugas pengolahan data, dan sebagainya.
  2. Database Designer, yaitu pengguna yang memiliki akses untuk mendesain basis data, berupa design conceptual/logical database, dan merancang logical database secara fisik.
  3. Application Programmer, yaitu seorang programmer aplikasi yang melakukan interaksi dengan sistem melalui panggilan Data Manipulation Language (DML) yang di masukkan ke dalam program yang di tulis.
  4. Worker Behind The Scene, yaitu seseorang yang tidak tertarik pada database, namun pekerjaannya lebih cenderung kepada mengembangkan (develope) tool untuk kebutuhan database.
Basis Data memiliki tujuan yaitu:
  1. Speed, kecepatan dan kemudahan dalam mengelola basis data.
  2. Space, menghemat ruang penyimpanan sehingga lebih efisien.
  3. Accuracy, keakuratan informasi dalam basis data.
  4. Availability, ketersediaan informasi dalam basis data.
  5. Completeness, kelengkapan informasi dalam basis data.
  6. Security, mencegah orang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam basis data dengan cara memberikan keamanan berupa login username dan password.
  7. Integrity, agar unjuk kinerja sistem tetap dalam pengendalian penuh.
  8. Shareability, kebersamaan pemakaian informasi dalam basis data.
Oke, itulah penjelasan mengenai basis data. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar