Selasa, 11 Agustus 2015

Tes Tentang Komunikasi Daring

TES FORMATIF 1
1.  Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai komunikasi daring.

Komunikasi daring adalah cara penyampaian dimana orang mengirim dan menerima pesan/chat melalui jaringan internet.

2.  Jelaskan jenis-jenis komunikasi daring berdasarkan metode penyampaiannya.

a.  Komunikasi daring sinkron, yaitu dimana komunikasi daring dilakukan oleh beberapa orang secara langsung atau serempak, seperti mengobrol dengan menggunakan aplikasi yahoo messenger, kemudian vide chat,facebook, google+, windows live messenger, skype, e-mail.

b.  Komunikasi daring asinkron, yaitu dimana komunikasi daring dilakukan secara tak langsung/tidak serempak melalui internet, biasanya dalam komunikasi jenis ini, kegiatan yang dilakukan yaitu membaca, menulis, menonto, dll.

3.  Apakah kelebihan dari komunikasi daring bila dibandingkan dengan komunikasi konvensional.

a. Dapat dilakukan dimana saja

Semua orang bisa terhubung walaupun mereka berada ditempat yang berbeda dengan menggunakan komunikasi daring, karena jangkauan komunikasi daring sangatlah luas sehingga semua orang dapat terhubung dimana saja, dan kapan saja.

b. Efisiensi Biaya

Dengan menggunakan komunikasi daring, anda tentunya dapat menghemat biaya karena komunikasi daring tentunya lebih murah sehingga anda dapat berkomunikasi dengan orang terdekat anda bahkan yang terjauh sekalipun tanpa harus membayar biaya yang lebih mahal.

c. Dapat Terintegrasi Dengan TIK

Tentunya para pengguna awam yang belum tahu cara menggunakan komunikasi daring, jangan takut, karena dalam komunikasi daring, para pengguna awam bisa menggunakan layanan yang ada dalam komunikasi daring sehingga para pengguna awam secara tak langsung telah terintegrasi dengan TIK yang ada dalam komunikasi daring.

d. Bisa Terhubung Dengan Orang Jauh

Komunikasi daring bisa mengantarkan anda pada dunia komunikasi yang sangat luas, dimana anda bisa berkenalan dengan orang yang jauh sekalipun, atau dengan teman anda yang tinggalnya tidak bersebelahan dengan rumah anda, hehe... itulah kehebatan dari komunikasi daring, anda tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke rumah teman anda yang sangat jauh, hanya dengan menggunakan aplikasi chat, anda bisa berkomunikasi dengan teman anda dengan komunikasi daring.

4. Sebutkan dan jelaskan komponen apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring.

a. Komponen Hardware (Perangkat Keras)

Untuk melakukan komunikasi daring, tentunya anda harus memiliki perangkat keras yang dibutuhkan untuk melaksanakan komunikasi daring, seperti komputer, speaker, headset, microphone, modem, dll.

b. Komponen Software (Perangkat Lunak)

Selain hardware, anda juga harus memliki perangkat lunak yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi daring, seperti google+, facebook messenger, hangouts, skype, dll.

c. Komponen Brainware (Pengguna/Operator)

Bagaimana jika dalam komunikasi daring tidak ada pengguna? Nah, agar komunikasi daring bisa dilakukan dengan baik tentunya juga harus ada pengguna/operator agar mereka bisa terhubung dengan satu sama lain dengan komunikasi daring sehingga terbentuklah sistem komunikasi daring yang baik.



1.  Komunikasi daring adalah dimana orang berkomunikasi dengan yang lain menggunakan internet

2. Jenis komunikasi daring antara lain komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron

3. Kelebihan komunikasi daring antara lain

a. Dapat di lakukan dimana saja

b. Efisiensi Biaya

c. Dapat Terintegrasi Dengan TIK

d. Bisa terhubung dengan orang yang jauh

4. Kekurangan komunikasi daring antara lain

a. Membutuhkan koneksi internet

b. Rentan terhadap malware dan virus berbahaya

5. Komponen yang diperlukan untuk penyelenggaraan komunikasi daring antara lain

a. Komponen hardware

b. Komponen software

c. Komponen brainware


Tidak ada komentar:

Posting Komentar